0

Cara Mengatasi Diabetes

Cara Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah dampak tidak diserap sel tubuh dengan bagus bisa memunculkan bermacam-macam-variasi gangguan organ tubuh. Kalau diabetes tidak dikuasai dengan bagus, bisa muncul bermacam-macam-variasi komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Kadar gula dalam darah dikuasai oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, merupakan organ yang berlokasi di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin layak kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak bisa meresap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Gejala Diabetes

Diabetes ragam 1 bisa berkembang dengan cepat dalam beberapa pekan, malahan beberapa hari saja. Meski pada diabetes ragam 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari bahwa mereka sudah menderita diabetes selama bertahun-tahun, sebab gejalanya cenderung tidak spesifik. Sebagian gejala diabetes ragam 1 dan ragam 2 meliputi:

  1. Acap merasa haus.
  2. Acap membuang air kecil, lebih-lebih di malam hari.
  3. Acap merasa betul-betul lapar.
  4. Turunnya berat badan tanpa sebab yang terang.
  5. Berkurangnya massa otot.
  6. Terdapat keton dalam air kemih. Keton merupakan produk sisa dari pemecahan otot dan lemak dampak tubuh tidak bisa menerapkan gula sebagai sumber energi.
  7. Lemas.
  8. Pandangan melarikan diri.
  9. Luka yang susah sembuh.
  10. Acap mengalami infeksi, contohnya pada gusi, kulit, organ intim wanita, atau saluran kemih.

Sebagian gejala juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang mengalami diabetes, antara lain:

  1. Mulut kering.
  2. Rasa terbakar, kaku, dan nyeri pada kaki.
  3. Gatal-gatal.
  4. Disfungsi ereksi atau impotensi.
  5. Mudah tersinggung.
  6. Mengalami hipoglikemia reaktif, merupakan hipoglikemia yang terjadi beberapa jam setelah makan dampak produksi insulin yang berlebihan.
  7. Munculnya bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan, (akantosis nigrikans) sebagai tanda terjadinya resistensi insulin.

Sebagian orang bisa mengalami keadaan prediabetes, merupakan keadaan saat glukosa dalam darah di atas normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Seseorang yang menderita prediabetes bisa menderita diabetes ragam 2 jika tidak ditangani dengan bagus.

Pengobatan Diabetes

Pasien diabetes diharuskan untuk mengatur pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, protein dari biji-bijian, serta makanan rendah kalori dan lemak. Pasien diabetes dan keluarganya bisa berkonsultasi dengan dokter atau dokter nutrisi untuk mengatur pola makan sehari-hari.

Baca Juga : Obat Disfungsi Ereksi Permanen

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *